24.11.18

Calon Menantu

Tips membangun toko online

Toko online yang sering disebut dengan e-Commerce kian hari kian ramai peminatnya, toko online digunakan sebagai sarana jual beli era digital. Pelaku bisnis menggunakan toko online karena kemudahan dan manfaat yang didapat lebih menguntungkan dibanding toko offline/ konvensional, dan keuntungannya tentu saja bukan hanya untuk si pemilik toko online, konsumen pun juga mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan produk yang diinginkannya tanpa harus keluar dari pintu rumah. Toko online lebih menghemat waktu dan lebih leluasa untuk memilih produk.



Nah, sebelum sobat membangun sebuah toko online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain

1. Tujuan

Hal yang paling utama dipertimbangkan adalah tujuan sobat dalam membangun sebuah toko online.

2. Layanan

Tentukan layanan online sesuai dengan tujuan sobat, sekarang ini ada banyak sekali layanan platform online yang bisa sobat gunakan secara gratis. Sobat bisa mendapatkan layanan yang sesuai dengan toko online yang sobat bangun.

3. Fitur

Jika sobat ingin membuka toko online menggunakan website gratis, sobat harus mempelajari fitur yang ada dalam layanan yang ditawarkan. Biasanya sobat akan mendapatkan fitur yang terbatas seperti nama domain atau TLD karena menggunakan layanan gratis.

Dari ketiga penjelasan diatas, sobat bisa menentukan toko online yang akan sobat kelola.
Selain menghemat waktu dan tenaga, toko online juga memberikan keuntungan yang lain, antara lain adalah tidak memerlukan biaya yang mahal untuk menyewa lapak toko jika dibandingkan dengan toko offline yang harus menyewa sepetak ruang yang menghabiskan biaya berlipat lipat dari biaya toko online. mari kita bandingkan, untuk membangun sebuah toko online hanya diperlukan domain dengan harga yang bervariatif mulai dari 55.000 sampai yang paling mahal cuma 250.000 per tahun, dan jika menyewa lapak offline/konvensional harus mengeluarkan puluhan juta per tahun.
Keuntungan yang lainnya adalah, sobat tidak perlu membutuhkan karyawan yang banyak, dan segi inipun juga menghemat biaya sobat dalam membayar karyawan toko online, karena toko online yang kerap membutuhkan jasa adalah packing, dan itu bisa dikerjakan beberapa orang saja.
Dan keuntungan lainnya adalah sobat memiliki pemasaran yang luas, karena toko online tidak memiliki batas area, semua wilayah secara otomatis dapat dijangkau dan semua orang bisa mengunjungi toko online dalam waktu yang sama, bayangkan jika sobat mempunyai toko offline dengan pengunjung yang banyak dalam waktu yang sama, pastinya akan berjubel dan itu akan membuat sang konsumen merasa bosan karena harus menunggu pelayanan dari toko tersebut. Dan sobat tidak perlu khawatir jika sobat tidak mempunyai produk yang akan dijual karena ada system dropshipping yang memudahkan sobat dalam ber bisnis toko online.

Tips bisnis online bagi pemula

Jika ingin mendalami dalam dunia bisnis online terutama membangun toko online, sobat bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Memilih Nama Toko

Memilih nama
untuk toko online yang akan sobat bangun sangatlah penting, selain sebagai username, pemilihan nama yang tepat juga membantu sobat mendapatkan banyak pelanggan, pilihlah nama toko dengan ciri khas dan yang mudah diingat. Misalkan NamaSobatOlshop.

2. Fitur

Ciptakan fitur fitur yang mudah digunakan, sobat bisa menggunakan slideshow, banner ataupun navigasi yang akan memudahkan customer untuk berbelanja. Hal ini berguna untuk cek transaksi dan pengelolaan produk toko online sobat.

3. Tampilan Toko Online

Template atau tampilan pada toko online yang sobat buat akan berpengaruh besar, usahakan sobat memilih tampilan yang sesuai dengan produk yang dijual.

4. Pasang kontak dan alamat

Sobat pasti tidak bisa memantau toko online setiap saat dan itu adalah hal yang wajar, tetapi dengan memasang  kontak dan alamat yang bisa dihubungi di dalam toko online sobat hal ini akan memudahkan customer yang ingin berbelanja, dan keunggulan memasang kontak dan alamat ini sobat akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pelanggan.

5. Pasang gambar produk

Kunci keberhasilan dari suatu toko online adalah menyajikan gambar produk yang menarik dan detail kualitas dan harga, otomatis toko online sobat akan terlihat bonafit dan semakin diminati banyak pelanggan

6. Gunakan system Reseller

Reseller adalah orang yang menjual produk di toko online yang sobat kelola, sobat bisa mendapatkan keuntungan yang lebih karena bisa meningkatkan penjualan dan memperluas area pasar.

7. Pelayanan Customer

Customer Service atau pelayanan pelanggan adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnis toko online, karena customer tidak bisa bertemu langsung dengan sobat maka pelayanan yang diberikan harus semaksimal mungkin agar pelanggan mendapatkan kepuasan ketika berbelanja. Para pelanggan ini tidak mengenal waktu ketika ingin membeli produk di toko online, sobat bisa memberikan penjelasan kepada customer terkait waktu transaksi dalam jual-beli.
Berikan sikap yang ramah kepada pelanggan dan selalu mengucapkan terima kasih sesudah berbelanja di toko sobat, hal ini akan memberikan rasa  nyaman kepada pelanggan yang berbelanja di toko online yang sobat kelola.

8. SEO Marketing

Jika sobat belum faham dengan SEO Marketing, sobat bisa belajar dulu di blog atau website yang memberikan artikel tentang SEO Marketing.

Nah, itu tadi adalah sebagian tips untuk membangun suatu toko online, apakah sobat berminat? Sobat bisa mencoba tips ini kapan saja dan dimana saja, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Calon Menantu

About Calon Menantu -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :