4.1.19

Calon Menantu

Pengertian dropshipper dan reseller yang benar serta menjalankannya

Mempunyai smartphone bukanlah hal yang mengherankan lagi di jaman sekarang. Ya, smartphone saat sekarang ini sangat mudah di dapatkan dengan harga yang relatif murah dan spesifikasi yang handal pula. Pengguna internet semakin dimudahkan untuk mengakses apa saja dari smartphone entah itu mengakses video dari youtube atau pun browsing tentang segala hal dan juga menjadi pengguna media sosial.

Akan tetapi selain mengakses video dari youtube, browsing ataupun menggunakan media sosial, sobat juga bisa mendatangkan pundi pundi rupiah melalui smartphone yang sobat miliki.

Lalu caranya bagaimana min?

Jawabannya adalah sobat bisa memanfaatkan smartphone sobat dengan berbisnis online menjadi dropshipper atau menjadi reseller



Reseller dan Dropshipper ini ada sedikit kemiripan, yang membedakan disini adalah stok barang, jika reseller harus stok barang dulu, lain dengan dropshipper yang tidak diharuskan stok barang.

Sebelum menjalankan bisnis dropshipper atau reseller ini, mari kita bahas satu persatu mengenai sistem dropshiper dan reseller, yang pertama kita bahas pengertian dropshipper dulu.

Untuk menjadi dropshiper sangatlah mudah, tetapi sebelum kita membahas lebih jauh cara menjadi dropshiper admin calon menantu akan memberikan penjelasan tentang sistem dropshiping.

Dropship adalah peluang bisnis jual beli online yang bisa sobat dapatkan darimana saja tanpa modal yang besar ataupun harus memiliki produk sendiri. Sistem dropship ini sebenarnya mudah, sobat tinggal mencari supplier dari berbagai produk dan memajang foto produk di toko online ataupun di berbagai media sosial. Bisa dikatakan dropship ini mirip dengan makelar lepas yang bisa menjual tanpa mempunyai stok barang, akan tetapi yang membedakan dropship ini bisa melalui darat dan juga melalui online, kalau makelar hanya melalui darat saja dan jangkauannya pun terbatas.

Keuntungan menjadi dropshipper ini selain tidak memerlukan modal yang besar, sobat bisa menjangkau pasar yang luas tanpa batas, berbeda dengan makelar darat yang butuh proses bertemu penjual dulu lalu menghubungi pihak pembeli,dan pastinya butuh modal buat beli bensin, beli pulsa dan lain lain. selain itu keuntungan yang lain sobat tidak perlu packing barang yang sudah dibeli, untuk proses packing dan pengiriman barang semua yang mengerjakan pihak supplier dan jika sobat mempunyai toko online, barang yang dikirim tersebut bernama toko online yang sobat kelola.

Untuk menjadi seorang dropshiper sebenarnya mudah sobat tinggal mendaftar di beberapa supplier yang menyediakan sistem dropship, akan yang paling berat adalah cara merintis bisnis menjadi dropshiper amatir menjadi dropshiper ternama. tidak berbeda jauh dengan bisnis dunia nyata yang membutuhkan kerja keras disaat pertama kali terjun di dunia usaha, menjadi seorang dropshiper juga harus mempunyai tekad yang kuat dalam merintis usaha yang baru dijalankan, banyak para dropship yang baru berjalan satu atau dua bulan tidak mendapatkan hasil dan pada akhirnya macet dan memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis mereka, padahal jika menilik ke belakang menjadi dropshiper ini tidak ada ruginya, barang laku ya untung jika barang tidak laku ya tidak menanggung rugi karena tidak memerlukan modal untuk stok barang.

Lalu bagaimana cara menjalankan sistem dropship?

1. Mencari supllier yang tepat

Di dalam dunia perdagangan online maupun offline, pasti ada yang namanya supplier (pemasok barang) dari berbagai produk, nah disini sobat harus lebih cermat dalam memilih supplier, jangan sampai tergiur oleh supplier yang memberikan harga murah tetapi kualitas barang mengecewakan, pada akhirnya konsumen kabur dan tidak kembali lagi. di jaman sekarang ini bukan barang murah saja yang dicari, akan tetapi barang yang berkualitas dan tidak mengecewakan, kebanyakan para konsumen memilih barang yang lebih mahal sedikit tetapi berkualitas.

2. Test supplier

Setelah sobat menemukan beberapa supplier dan menemukan harga dari masing masing supplier, sobat bisa mencoba berkeliling dari supplier satu ke supplier lainnya untuk perbandingan harga dan kualitas.

3. Branding

Supaya pembeli bertambah yakin sobat bisa melakukan berbagai hal, suatu contoh sobat membuat toko online. Toko online bisa menambah kepercayaan kepada pembeli, karena dengan mempunyai toko online sobat akan terlihat profesional dan serius dalam hal jual beli.

4. Pelayanan yang cepat

Pelayanan konsumen merupakan kunci dari kesuksesan sebuah usaha, dan berlaku bagi para dropshipper. Pelayanan yang cepat akan memberikan kepuasan bagi pembeli, selain itu juga harus lincah dan sigap dalam melayani pembeli jika ada komplain atau faktor yang lain. Ambil hati pembeli dengan sikap yang ramah dan santun.

Nah, penjelasan tentang dropshipper dan cara menjadi dropshipper sudah dijelaskan diatas, sekarang kita lanjut bahas mengenai reseller.

Reseller dan Dropshipper ini sebetulnya menggunakan sistem yang hampir mirip, akan tetapi yang membedakan adalah stok barang. Jika dropshipper tanpa modal untuk stok barang, berbeda lagi dengan reseller yang harus mengeluarkan modal dulu untuk mempunyai stok barang.

Untuk menjadi reseller ini biasanya lebih mudah dibandingkan dengan dropshipper karena bisa mengetahui jenis dan kualitas barang secara langsung. Reseller ini sangat mudah sekali bergabung dengan para supplier, dengan bayar di muka para supplier akan lebih welcome karena stok barang mereka bisa habis dalam waktu singkat. Ketika sobat memilih untuk bergabung dengan sistem reseller ada hal hal yang perlu diperhatikan

1. Kenali Produk

Perhatikan dan cermati produk yang akan sobat jual di dalam sistem reseller ini, untuk menghindari kerugian. Sobat bisa membandingkan produk produk serupa melalui supplier yang berbeda, pada prinsipnya menjadi reseller jangan salah pilih produk karena harga dan kualitas barang adalah hal yang sangat penting untuk menarik pembeli.

2. Buat Website

Membuat website memang bukan suatu keharusan untuk menjadi reseller, akan tetapi jika sobat mempunyai website sendiri, bisnis reseller yang sobat jalankan ini akan terlihat lebih profesional, berikan ulasan yang belum ada di dalam produk tersebut, hal ini berguna agar para pembeli lebih tertarik karena ulasan yang lebih detail.

Nah, penjelasan tentang dropshipper dan reseller diatas sudah jelas ya sob, dan yang menjadi penentu kesuksesan daripada seorang dropshipper maupun reseller adalah

1. Tidak takut bersaing

Jangan pernah takut bersaing walaupun baru terjun di dunia jual beli online, jika sobat sudah pesimis dan takut bersaing dengan pemain lama tidak akan menjadikan bisnis sobat maju yang terjadi malah sebaliknya bisa jadi macet total jika takut bersaing.

2. Kerja Keras

Tidak jauh berbeda dengan jual beli offline, jual beli online pun membutuhkan kerja keras di dalam merintis usaha, tidak pantang menyerah dan putus asa adalah kunci sukses dari seorang pengusaha baik itu online maupun offline.

3. Belajar pada senior

Belajar tidak hanya di sekolah saja, dalam dunia jual beli juga harus banyak belajar. Pelajari setiap proses yang ada, misalkan ada customer yang tidak jadi membeli, pelajari apakah ada yang salah di dalam melayani atau ada yang salah mengenai harga.

Nah itu tadi penjelasan dan cara sukses menjadi dropshipper maupun reseller, mudah mudahan artikel ini dapat membantu sobat pembaca semua.


Calon Menantu

About Calon Menantu -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :