22.11.18

Calon Menantu

Tips bisnis online bagi pemula

Bagi pemula membangun sebuah bisnis online pasti terasa sangat sulit, karena tidak tahu apa yang akan dilakukan dan harus dimulai darimana, di bawah ini ada sedikit tutorial untuk memulai bisnis online. Sebaiknya sobat mengetahui dan menentukan jenis bisnis online yang akan dijalankan, karena bisnis online sangat bermacam jenisnya  dan tingkat kesulitannya pun juga ber beda beda.

Jika sobat serius ingin membangun sebuah bisnis online maka sobat perlu belajar membangun sikap dan mental yang positif, beberapa sikap dan mental itu antara lain

  • Belajar yang rajin

  • Bekerja keras

  • Jangan putus asa

  • Berani mengambil resiko

  • Mempunyai cita cita besar




Sekarang kita bahas bagaimana memulai sebuah bisnis online yang menguntungkan dan bertahan sampai sobat menikmati hari tua.

1. Membangun sebuah blog

Langkah awal yang paling mudah dilakukan bagi pemula membangun bisnis online adalah membangun sebuah blog atau website dengan topik (niche) tertentu. Dan memberikan manfaat bagi para pengunjung adalah suatu hal yang tidak terlalu sulit dilakukan untuk seorang pemula. Sobat bisa membuat sebuah blog yang berhubungan dengan hobby, minat, atau ketrampilan,dan pastinya ada banyak orang yang mempunyai minat atau hobby yang sama dengan sobat, misalkan sobat membuat sebuah blog bertema memancing, pasti orang orang yang mempunyai hobby mancing akan mengunjungi blog sobat, dan banyak lagi contoh lainnya, nah mereka inilah yang nantinya akan menjadi pengunjung setia blog yang sobat bangun.

Setelah blog/website sobat memiliki banyak pengunjung, sobat bisa memonetize blog sobat dengan berbagai cara, beberapa cara monetize blog adalah dengan memasang iklan misalnya menjadi publisher atau memasang iklan google adsense, iklan produk sendiri, atau iklan afiliasi dan lebih banyak lagi cara memonetize blog sobat.

2. Menjual produk digital

Jika sobat mempunyai ketrampilan atau keahlian di bidang tertentu sobat bisa menjual keahlian tersebut melalui eBook, video ataupun membership, contoh bentuk keahlian atau ketrampilan di bidang pendidikan, jika sobat memiliki keahlian menghitung rumus matematika, sobat bisa merangkumnya menjadi eBook, atau macam macam keahlian/ketrampilan yang lain, bisnis seperti ini potensinya luar biasa, apalagi di era digital saat ini dimana orang semakin banyak yang memilih membaca buku digital dibandingkan dengan buku fisik.

Produk produk seperti ini biasanya laku keras di komunitas komunitas tertentu, nah jika sobat mempunyai ketrampilan atau keahlian tertentu ada baiknya sobat merangkum keahlian sobat menjadi eBook dan menjualnya secara online.

3. Menjadi penulis artikel

Profesi yang satu ini juga cukup laris di dunia internet, karena saat ini banyak pemilik blog/website yang membutuhkan penulis konten untuk blog/website mereka, tidak hanya situs situs besar dan ternama yang membutuhkan penulis, situs situs yang sedang bergerak maju juga membutuhkan penulis yang handal. Memang bisa dikatakan bisnis ini suatu hal yang sulit akan tetapi banyak yang mencapai kesuksesan di bidang ini, jika sobat mempunyai minat menjadi seorang penulis cobalah memanfaatkan minat dan keahlian sobat tersebut menjadi profesi.

4. Membangun toko online

Membuat toko online sendiri saat ini bukanlah suatu hal yang sulit lagi, jika sobat mempunyai keahlian dalam bidang web development tentu akan lebih mudah untuk membangun sebuah toko online, sobat bisa baca di Tips membangun toko online. Toko online ini biasanya menjual produk fisik dengan cara memajang produk tersebut pada toko online sobat dan memasarkannya melalui media sosial ataupun di berbagai media online lainnya. Jika sobat tidak mempunyai produk sendiri, sobat bisa menjual produk orang lain yang memang banyak dicari di internet yaitu dengan mengikuti program dropship dari suplier suplier besar. Keuntungan berbisnis dropship ini adalah kita tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu mempunyai stok barang, tidak perlu melakukan packing dan pengiriman barang, karena secara otomatis para suplier akan mengirimkan barang tersebut atas nama toko online milik sobat sebagai pemilik sah toko online tersebut.

5. Menjadi Affiliate Marketer

Jika sobat sudah mempunyai blog/website sendiri tetapi tidak mempunyai produl untuk dijual sobat bisa menjadi affiliate marketer, atau bisa dikatakan menjual produk orang lain. Produk yang dijual bisa merupakan bentuk digital maupun fisik dan pastinya sobat sendiri yang bisa menentukan produk seperti apa yang cocok dijual di dalam blog yang sobat kelola. Misalkan blog sobat berisi konten fisik lebih baik sobat menggunakan metode penjualan produk fisik, sobat bisa bergabung di affiliate di situs situs yang menawarkan program afiliasi, misalkan TokopediaLazada atau Buka Lapak

Kira kira dari berbagai bisnis online diatas bisnis apa ya yang sesuai dan mudah untuk dijalankan? Jawabannya adalah sobat sendiri yang menentukan.
Dan kunci utamanya adalah jangan pernah takut bersaing karena pasti akan ada celah yang bisa dimanfaatkan dalam ber bisnis online, semoga bermanfaat.

Calon Menantu

About Calon Menantu -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :