21.12.18

Calon Menantu

Cara mudah membuat Blog gratis melalui smartphone android dan iphone

Di postingan kemarin kita sudah membahas tentang pemahaman blogging, dan kali ini admin CALON MENANTU akan membagikan tutorial atau cara membuat blog gratis melalui smartphone android maupun iphone.

Untuk membuat blog ini sebenarnya sangatlah mudah karena di jaman digital ini semakin banyak platform yang menyediakan pembuatan blog gratis tanpa biaya sepeser pun, ya sobat bisa membuat blog gratis melalui Blogger.com atau Wordpress.com, dan admin CALON MENANTU disini menggunakan platform gratis dari Google yaitu blogger.com atau blogspot.

Oke, langsung saja admin calon menantu akan membagikan cara membuat blog melalui platform blogspot.

1. Buat akun Google

Karena platform ini resmi dari pihak Google, sebelum masuk ke blogger sobat diwajibkan untuk membuat Akun Google, jika belum mempunyai sobat bisa registrasi dulu di Google account


Selanjutnya klik BUAT AKUN


Selanjutnya isi form registrasi akun Google

2. Buka blogger.com

Setelah registrasi akun google berhasil, dilanjutkan ke platform Blogger.com


Lanjutkan dengan BUAT BLOG

3. Profil Blogger


Lanjutkan ke blogger

Buat profil blogger untuk melanjutkan, admin sarankan untuk ke pengalihan ke profil Google+ guna mempermudah ditemukan pembaca publik

4. Buat blog baru

Buat blog sobat yang baru

5. Masukkan nama dan alamat blog



Dan yang terakhir pilih Buat blog!

Nah, sekarang sobat sudah mempunyai blog sendiri dengan platform gratis dari google.


Untuk selanjutnya akan kita bahas langkah mudah membuat blog dari platform gratis wordpress
Platform wordpress sebenarnya sangat direkomendasikan, kelebihan wordpress ini selain template blog yang bermacam macam, fiturnya pun juga lengkap dan sangat mudah dipahami untuk blogger pemula yang masih belajar. Tak luput dari kekurangan, platform gratis ini juga mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa dimonetisasi Google Adsense terkecuali jika di upgrade ke domain self hosted.

Oke, selanjutnya langsung saja kita mulai langkah langkah membuat blog platform worpress

1. Buka wordpress.com


Lanjutkan dengan mulai

2. Masukkan email


Masukkan alamat email, pilih nama pengguna dan kata sandi


Setelah selesai mengisi form kemudian klik lanjutkan


3. Pilih jenis web


Sobat akan diberikan pilihan untuk jenis situs, pertama ada opsi dengan jenis blog yang bertujuan untuk membagikan kabar terbaru, berbagi ide atau berkreasi sesuai keinginan sobat. Opsi kedua untuk berbisnis, jika sobat ingin menggeluti bisnis online bisa memilih opsi Bisnis. Opsi ketiga Profesional yang bertujuan memamerkan atau memajang hasil karya dari ketrampilan sobat. Untuk opsi yang keempat yaitu Pendidikan, bertujuan untuk berbagi informasi ataupun seputar hal yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Opsi yang kelima toko online, jika sobat mempunyai lapak offline atau ruko sobat bisa mengembangkan toko offline sobat melalui opsi Toko online.
Nah, disini admin calon menantu memilih untuk opsi blog, silahkan sobat pilih sendiri untuk jenis web sesuai kebutuhan sobat. Salanjutnya isi tujuan blog/website baru milik sobat



4. Pilih nama domain


Masukkan nama domain yang sobat inginkan, misalkan namasobat.wordpress.com cukup tuliskan nama sobat saja atau sobat bisa memilih nama domain yang lain dan yang belum terdaftar di wordpress.
Selanjutnya klik pilih dan tunggu sampai proses selesai.



blog/website sobat sudah bisa digunakan

Dan langkah selanjutnya untuk mempermudah mengelola blog/website, sobat bisa menginstall aplikasi melalui playstore bagi yang menggunakan smartphone android, dan app store bagi yang menggunakan IOS.


Calon Menantu

About Calon Menantu -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :